• Twitter
  • Facebook

Inilah 10 Tujuan Wisata Terbaik di 2017

Pada 2016, industri perjalanan dan pariwisata menyumbang 7,6 triliun dolar untuk ekonomi global – atau sekitar 10,2 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) global. Industri ini juga mencetak 292 juta pekerjaan, yang berarti satu dari 10 orang di dunia bekerja di sektor ini.

Jumlah kedatangan internasionalnya pun sama mengesankannya, yaitu mencapai 1,2 juta orang di 2016, atau 46 juta lebih banyak dari tahun sebelumnya. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat dalam satu dekade ke depan, dan hal ini berpotensi membantu negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta memungkinkan pembangunan nasional dan regional.

Namun negara mana saja yang berada di posisi terbaik untuk memanfaatkan semua peluang ini? Setiap dua tahun, World Economic Forum menjawab pertanyaan tersebut dengan merilis Travel & Tourism Competitiveness Report yang berisi daftar peringkat daya saing perjalanan dan pariwisata di 136 negara, dengan 10 besar di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Spanyol
  2. Prancis
  3. Jerman
  4. Jepang
  5. Inggris
  6. Amerika Serikat
  7. Australia
  8. Italia
  9. Kanada
  10. Swiss

Sepuluh negara ini berhasil menciptakan lingkungan yang cocok untuk kemajuan pariwisatanya dengan mendirikan sarana dan prasarana di kota-kotanya, mempromosikan keindahan warisan alam dan budaya mereka, serta memastikan pengalaman yang tak terlupakan bagi wisatawan. Spanyol sendiri, yang berhasil mengungguli Prancis dan Jerman, dinilai kuat dalam hal infrastruktur, sumber daya alam dan budaya, jasa pariwisata, transportasi, dan perjalanan bisnis.

Prediksi Pariwisata

Walau secara historis sebagian besar pelancong lebih banyak yang pergi ke negara-negara di belahan bumi utara, kini trennya mulai berubah. Pariwisata di Afrika, Timur Tengah, dan Asia Pasifik diperkirakan semakin bertumbuh di tahun-tahun berikutnya.

World Economic Forum melalui Travel & Tourism Competitiveness Report 2017 juga merilis 15 negara yang pariwisatanya paling berkembang, dengan 12 di antaranya merupakan negara yang masih baru memulai atau sedang mengembangkan pariwisatanya. Berikut daftar lengkapnya.

  1. Jepang
  2. Azerbaijan
  3. Tajikistan
  4. Vietnam
  5. Israel
  6. Algeria
  7. Bhutan
  8. Gabon
  9. Korea
  10. Mesir
  11. Peru
  12. India
  13. Meksiko
  14. Chad
  15. Albania

 

 

Comments are closed.