• Twitter
  • Facebook

Tips Memotret Underwater

Bisa Berenang

Pastikan kalau kamu juga menguasai dasar-dasar berenang dan menyelam. Menagambil gambar underwater juga dibutuhkan sudut-sudut menarik yang mengharuskan fotografer untuk mampu bergerak sesuai posisi yang diinginkan. Apa jadinya kalau fotografer tak berani menyelam?

Memilih kamera

Saat ini banyak kamera yang dirancang sekaligus untuk keperluan memotret dalam air dengan kemampuan menyelam hingga 10 meter. Pilihlah kamera sesuai kebutuhan dan jika hanya punya kamera saku yang bukan underwater, bisa membeli underwater case yang saat ini juga sudah banyak tersedia di pasaran dengan harga terjangkau.

Perhatikan cahaya

Berbeda dengan foto di darat, sinar matahari di bawah air akan semakin berkurang cahayanya. Sinar yang normal akan mencapai kedalaman 1 hingga 5 meter. Selebihnya warna merah akan mulai hilang dan akan tergantikan dengan warna biru dan kehijauan.

Menggunakan flash

Penggunaan flash di bawah air berguna untuk memaksimalkan warna yang mulai redup karena terhalang air. Untuk memotret ikan kecil di sela karang atau keelokan terumbu, fitur flash ini dapat sangat membantu untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Waktu memotret

Jika ingin memotret model di bawah air, tentukan waktu terbaiknya yaitu pada pagi atau sore hari karena cahaya tidak datang tepat dari atas. Sinar yang datang saat matahari tepat di atas akan mengakibatkan bayangan gelombang air yang mengganggu objek foto.  

Getlost Menu