• Twitter
  • Facebook

Setelah Tongsis, Kini Drone

Siapa yang bisa tahan traveling tanpa berfoto? Ya, traveling dan fotografi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Selain untuk menangkap momen indah dan lanskap cantik selama perjalanan, foto juga kini berfungsi sebagai wadah bukti bahwa si pejalan memang sudah pernah menginjakkan kaki di destinasi yang ia sebut. Belum lengkap rasanya jika kita bercerita ke teman-teman bahwa kita baru saja pulang dari Raja Ampat tanpa menunjukkan bukti foto kita sendiri pernah berada di sana, bukan?

Fenomena tongsis

Dua tahun terakhir, dunia fotografi Indonesia disemarakkan oleh hadirnya tongsis. Perangkat sederhana yang awalnya bernama monopod ini kemudian berkembang sesuai daerah di mana barang ini beredar. Sebagian orang menyebutnya selfie stick, dan di Indonesia lebih dikenal dengan nama tongsis, singkatan dari “tongkat narsis”. Fenomena tongsis cepat menyebar di segala kelas masyarakat Indonesia. Kelebihan dari tongsis, selain sederhana dan mudah dibawa-bawa, perangkat ini dirancang untuk smartphone. Tentu saja ini lebih user friendly untuk digunakan semua orang.

Kini, kamera pun terbang

Tapi kini, fenomena tongsis telah tiba di akhir kejayaannya. Teknologi drone yang awalnya sering digunakan awak media untuk liputan, kini mulai digunakan untuk kegiatan fotografi secara umum. Drone memang masih tergolong barang mewah karena harganya yang masih cukup mahal. Paling tidak untuk satu drone, fotografer harus rela membeli dengan harga mulai dari Rp 10.000.0000, tergantung apa merek dan kemampuannya.

Secara umum, tongsis dan drone memang jauh berbeda, baik dari segi harga, bentuk dan fungsinya. Drone awalnya tidak diciptakan untuk ber-selfie ria saat traveling. Namun seiring kebutuhan, para vendor pun mulai menciptakan drone yang lebih sederhana agar mudah dibawa oleh traveler untuk selfie. Perangkat kamera yang mirip pesawat mini tanpa awak ini kini kian digemari. Harganya memang masih mahal, namun jika permintaan pasar terus meningkat, maka bukan tak mungkin bila para produsen akan memproduksi perangkat ini secara besar-besaran dengan harga yang semakin bersaing.