• Twitter
  • Facebook

Tips Tidur Nyenyak Saat Penerbangan Panjang

 

Gumaman penumpang, tangisan bayi, dan denging mesin pesawat adalah beberapa faktor yang sering mengganggu waktu istirahat di dalam pesawat. Belum lagi pramugari yang hilir mudik untuk menjalankan tugasnya, penumpang yang mondar-mandir ke toilet, dan kabin sempit sehingga ruang gerak terbatas, sehingga tidur pun menjadi hal yang menantang untuk dilakukan. Bila mesti melakukan penerbangan jarak jauh, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Bawa barang berikut: noise-canceling headphone, ear plugs, pemutar musik, botol minum, travel pillow, sleeping mask, buku atau majalah.

2. Pilih jadwal penerbangan yang sesuai rutinitas. Misalnya, terbang malam supaya dapat tidur dan tiba keesokan paginya. Bila tidak, lakukan kegiatan yang biasa dilakukan sebelum tidur, seperti menggosok gigi, membaca buku, dan lainnya.

3. Berpakaian yang nyaman. Misalnya, mengenakan sportswear atau sweatpants yang longgar. Jangan lupa memakai kaos kaki agar kaki tetap hangat.

4. Memilih window seat agar dapat menyandarkan kepala ke dinding pesawat. Jika memungkinkan, reservasi kursi sesuai dengan posisi tidur Anda. Menurut hasil survei Skyscanner, sisi kiri lebih baik karena jendela tidak pas di samping tempat duduk, sehingga ada tempat untuk menyandarkan kepala.

5. Kurangi waktu tidur pada malam sebelum keberangkatan. Bila biasanya tidur delapan jam, cukup istirahat empat hingga lima jam, sehingga saat nanti duduk di pesawat dan relaks, Anda pun dapat terlelap secara alami.

6. Kaki yang nyeri dan pegal bisa menyebabkan susah tidur. Atasi hal ini dengan meregangkan tubuh atau mencoba yoga sebelum penerbangan.

7. Letakkan neck pillow di bagian depan leher (di bawah dagu). Dengan posisi demikian, bantal tersebut dapat menopang kepala dan menjaganya agar tidak terantuk.

8. Manfaatkan tas untuk ganjalan kaki. Melepas sepatu juga dapat membantu, tetapi pastikan kaki tidak berbau dan kenakan kaos kaki yang bersih.

9. Hindari cahaya berlebih. Hiburan selama penerbangan, seperti film dalam pesawat dan perangkat elektronik dengan fitur backlight lainnya, justru mengganggu tidur. Atasi hal ini dengan mengenakan eye mask.

10. Dengarkan ‘white noise’. Studi menunjukkan suara demikian yang biasa dihasilkan dari rintik hujan atau statis televisi bisa mengurangi stres dan membantu tidur. Latar suara ini bisa diunduh sebelumnya secara gratis dari Internet untuk didengarkan dengan earphone saat tidur.

11. Hindari makanan dan minuman yang kaya kafein, gula, dan alkohol. Bila harus makan, santaplah snack berkarbohidrat tinggi, seperti sereal, satu jam sebelum tidur.

12. Terakhir, pilih posisi tidur sesuai keinginan. Entah merebahkan tempat duduk tanpa mengganggu penumpang di belakang, menyandarkan kepala ke jendela atau pasangan di sebelah Anda, atau memanfaatkan nampan sebagai alas tidur.