• Twitter
  • Facebook

Tips Menghindari Kelebihan Bagasi

 

Berikut cara cerdas menyiasati kelebihan bagasi agar terhindar dari membayar tambahan biaya sehingga pengeluaran selama perjalanan tidak membengkak:

 

Cermat berkemas

Setiap berkemas, ingatlah bahwa perjalanan tidak hanya untuk pergi, tetapi juga untuk pulang, sehingga berkemaslah lebih sedikit dan lebih ringan ketika berangkat. Sisakan ruang dalam koper (kira-kira sepertiga) untuk memuat barang belanjaan.

Bawa yang diperlukan

Jika bukan kebutuhan khusus, sebaiknya tinggalkan sebagian peralatan mandi, seperti handuk, sampo, dan sabun yang sering disediakan penginapan. Untuk lebih menghemat ruang dan beban, bawa pakaian dalam sekali pakai, dan bila ada pakaian basah, sebaiknya keringkan dahulu sebelum masuk ke koper.

Jangan semua ke koper

Memasukkan semua barang ke koper memang lebih praktis dan tak perlu menenteng apa-apa ke kabin, selain memudahkan pemeriksaan keamanan di bandara yang antreannya bisa panjang. Namun bila menempuh perjalanan lama dan untuk mengantisipasi bagasi yang tidak terangkut ke tempat tujuan, bawalah beberapa barang untuk hari pertama di ransel atau duffle bag (asalkan bukan berupa cairan).

Hindari pakaian berat

Selain memastikan beban koper tidak berlebihan dan tidak ada ruang yang terbuang, hindari pakaian yang berat dan tebal. Kalaupun harus membawa sebisa mungkin langsung dikenakan agar berat di koper berkurang atau letakkan sebagian di tas kabin.

Manfaatkan teman

Jika tidak bepergian sendiri dan teman seperjalanan hanya membawa sedikit bawaan, check-in untuk menambah kapasitas maksimal bagasi.

Check-in lebih awal

Banyak maskapai yang membiarkan kelebihan bagasi hingga dua kilogram apabila calon penumpang check-in lebih awal. Hal ini karenabagasi pesawat masih kosong dan kelebihan beban tersebut biasanya adalah milik awak pesawat yang tidak terpakai. Jika tidak berhasil, negosiasikan dengan petigas di konter check-in.

Ikut program Frequent Flyer

Sebelum memesan tiket, baca syarat dan ketentuan maskapai soal aturan membawa barang di bagasi kabin. Usahakan memilih maskapai yang membebaskan biaya bagasi kepada penumpangnya hingga jumlah berat tertentu yang memadai. Dengan mendaftarkan diri jadi Frequent Flyer di maskapai yang sering dinaiki, jatah bagasi anggotanya biasanya dapat lebih fleksibel.

Getlost Menu