• Twitter
  • Facebook

Tip Unik Sebelum Bepergian

 

Berniat bepergian? Simak tip berikut yang dikompilasikan dari beberapa pejalan yang telah bertahun-tahun hidup di perjalanan.

Selalu bawa topi

Di musim dingin, topi akan menghangatkan tanpa memakan banyak tempat di koper, sementara di musim panas, topi akan melindungi wajah dan kepala dari paparan sinar matahari. Selain itu topi selalu dapat menjadi penyelamat penampilan ketika rambut sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Sehabis laundry

Berkemas selalu lebih mudah sehabis menerima baju bersih atau selesai mencuci dan menyeterika baju karena baju masih rapi. Jangan kemas baju yang harus diseterika.

Obat serbaguna

Bawa ibuprofent (atau obat sakit kepala lainnya), decongestan bila tersewrang flu, antihistamin untuk mengobati reaksi alerg, pembalut luka, dan hydrocortisone, untuk mengatasi iritasi pada kulit akibat serangga atau alergi.

Jangan kemas yang belum dipakai

Jika habis membeli sepatu, jaket, atau baju dalam, sempatkan untuk gunakan dulu sebelum berangkat agar dapat dites kenyamanan untuk digunakan dalam waktu lama. Sepatu bisa saja tidak nyaman setelah beberapa jam, dan baju dalam mungkin kerap terlipat sehingga mengganggu.

Bertanya di museum

Jangan segan bertanya ke staf museum untuk mengeksplorasi museum tempatnya bekerja. Mereka mungkin dapat merekomendasikan berbagai hal yang turis lain tidak ketahui.

Selalu bawa snack

Dalam perjalanan, dengan moda transportasi apa pun, berbekallah kudapan karena akan sangat berguna untuk mengganjal perut.

Kemas sampo kering

Inovasi ini sangat berguna bila tak punya waktu untuk keramas atau terlalu malas untuk mengeringkan rambut selama perjalanan.

Baju dalam lebih

Khusus untuk baju dalam, bawalah lebih agar dapat kerap berganti walaupun baju luar telar berkali-kali dipakai. Lagipula baju dalam tak banyak menyita tempat di koper.

Padu padan

Pilih atasan yang dapat dipasangkan dengan semua bawahan yang akan dibawa agar penampilan tetap enak dilihat, walaupun wajah lelah atau sudah tiga hari belum mandi.

Jangan ke WC pesawat tanpa alas kaki

Bila kaki sedang bengkak sekalipun tidak disarankan ke kamar mandi di pesawat tanpa alas kaki dan gulung celana sedikit bila terlalu panjang agar tidak menyapu lantai yang penuh kuman.

Tahu kapan tidak bercanda

Yang pasti jangan sok akrab atau bercanda dengan petugas imigrasi atau tentara di perbatasan bila tak ingin mendapat masalah.

Kalau takut hilang, tinggal saja

Benda-benda yang hanya akan membuat waswas selama di perjalanan, sebaiknya tidak perlu dibawa agar dapat optimal menikmati perjalanan.

Redakan mabuk darat

Bila rentan mabuk darat atau laut, sebelum memulai perjalanan minumlah ginger ale yang dicampur soda.

Jangan taruh bagasi

Sikat gigi, obat-obatan pribadi, deodoran, dan piyama sebaiknya tidak ditaruh di bagasi, terutama bila akan menempuh penerbangan panjang.

Jika lupa sesuatu

Jika lupa sesuatu, sebelum ke supermarket atau toko kelontong terdekat, tanyakan dulu ke staf hotel apakah mereka dapat menyediakan barang yang dicari. Kadang tidak semua peralatan tersedia di kamar, namun tersedia (secara cuma-cuma) bila diminta.

Jangan tinggalkan benda-benda berharga di kendaraan

Baik ketika sedang melakukan tur dalam rombongan, menyetir sendiri, atau disetiri orang lain. Bahkan jika benda berharga tersebut disimpan di bagasi dan kendaraannya terparkir di tempat yang aman sebaiknya jangan ambil resiko.

Pilih makanan vegetarian atau makanan tidak populer lainnya

Bila maskapai yang dinaiki menawarkan opsi makanan yang dapat dipesan sebelum penerbangan, pilihlah menu yang kurang populer akrena menu-menu yang kurang populer biasanya dibuat dalam jumlah kecil sehingga kualitasnya lebih terjaga.

Jangan lupa berfoto

Setelah puas memotret keindahan tempat yang dikunjungi, jangan malu-malu untuk minta difotokan, terlebih bila tidak membawa monopod atau tongsis.

Screenshot, cetak, atau tulis nama dan alamat akomodasi

Hal ini agar dapat ditunjukkan ke supir taksi atau ketika menanyakan arah. Setelah check-in, sebelum keluar hotel untuk menjelajah, minta kartu nama hotel agar tidak tersesat.

Semakin terbatas. semakin enak

Inilah salah satu alasan mengapa mencicipi masakan setempat yang paling baik adalah di jalanan, karena street food hanya menjual satu jenis penganan (biarpun terdapat beberapa variasi). Selalu pilih tempat yang hanya menawarkan menu terbatas ketimbang ratusan opsi karena bila pilihannya terbatas, biasanya dimasak dengan standar yang tinggi.

Perlengkapan mandi padat

Di era dilarangnya cairan lebih dari 100 mililiter untuk masuk kabin penerbangan sipil, bila tak ingin memasukkan toiletris ke bagasi, pilih sabun, sampo, tabir surya, krim anti nyamuk, dan parfum yang padat.

Pindai atau potret berbagai dokumen penting dan email ke diri sendiri

Paspor, visa, kartu kredit/debit yang dibawa selama traveling penting untuk dimiliki soft copy-nya agar ketika hilang dapat diurus dengan lebih cepat.

Keajaiban fitur kamera di Google Translate

Unduh aplikasi Google Translate dan gunakan fitur kameranya untuk menerjemahkan menu, plang petunjuk, brosur, poster, atau apa pun yang ditemui di jalan dan tertulis dalam bahasa asing. Cukup tekan ikon kamera, arahkan ponsel ke teks yangbutuh diterjemahkan, maka aplikasi akan segera menerjemahkannya.

Jangan terlalu percaya TripAdvisor

Berbagai ulasan di TripAdvisor tidak semuanya terpercaya karena situs ini ulasan tanpa penyaringan, sehingga dengan mudahnya seseorang diminta pemilik untuk tempat untuk memberi ulasan bagus. Baca semua ulasan dengan pikiran terbuka dan teliti juga orang yang memberi ulasan tersebut, baik atau buruk.

Terima kenyataan

Perjalanan bukan persaingan pencapaian target. Terimalah kenyataan bahwa kadang tidak dapat melihat semua tempat yang ada di sebuah kota dalam satu perjalanan. Namun manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya di tempat yang dikunjungi.

 

Getlost Menu