• Twitter
  • Facebook

Indonesia dan Filipina, Serupa tapi Tak Sama

Memiliki banyak kesamaan sekaligus perbedaan dengan Indonesia, sulit untuk tidak mengucapkan, “Di Indonesia juga ada!” setiap melihat gambar tempat-tempat ikonik di negara kepulauan ini. Berhubung di antara negara-negara ASEAN, Filipina biasanya menjadi negara terakhir yang dilirik karena dinilai sama dengan Indonesia, selain tentu saja, kendala makanan. Inilah tujuh alasan untuk mengunjungi Filipina:

1. Festival Meriah. Bila menyukai kostum warna-warni, cerita rakyat yang unik, dan berbaur dengan masyarakat setempat untuk ikut menari di jalanan, datanglah menjelang festival unik Panagbenga di Baguio City, atau Ati-Atihan dan Sinulog.


2. Situs Selam Terbaik. Selain menikmati keindahan Tubbataha Reefs National Park yang merupakan bucket list para penyelam, Filipina juga memiliki koral hitam di situs Black Forest dekat Pulau Panglao. Itu semua masih ditambah berenang bersama hiu paus di Donsol Bay.

3. Bir Termurah. Pertama kali diproduksi pada 1890, San Miguel menjadi salah satu bir dengan penjualan terbesar di dunia. Seharga sekitar 50 peso per botol, Filipina patut dijadwalkan bagi para pecinta bir.

4. Makanan Aneh. Filipina memiliki banyak makanan ekstrem dengan balut (embrio dari bebek yang sedang berkembang) sebagai yang paling terkenal. Etag (daging babi yang didiamkan selama beberapa minggu hingga menjadi tempat hidup belatung) pun seringkali mengusik jiwa petualangan para pejalan.

5. Gemar Karaoke. Warga Filipina terkenal gemar menyanyi, sehingga tak heran banyak fasilitas karaoke disediakan, mulai dari di bar dan restoran hingga bilik-bilik karaoke di pinggir jalan.

6. Gereja Tercantik. Dengan 90 persen dari populasinya yang penganut Katolik, Filipina memiliki banyak gereja yang tak bakal habis dieksplor dalam satu kunjungan, seperti Saints Peter and Paul Parish Church di Calasiao; Paoay Church di Ilocos Norte; dan Minor Basilica of Saint Michael Archangel di Tabayas.

7. Tempat asal Manny Pacquiao. Selain basket, tinju juga sangat populer di Filipina, sehingga wajah juara dunia tinju Manny Pacquiao terpampang di mana-mana di seluruh penjuru negeri.

Getlost Menu