• Twitter
  • Facebook

5 Pantai Terbaik di Lombok

Pantai-pantai di Lombok memang cantik, dan yang membuatnya “menang skor” dari Bali adalah mayoritas pantai-pantai di sini tersembunyi dan jauh dari keramaian dengan pemandangan bak kartu pos, terutama di selatan pulau, seperti:

  • Pantai Selong Beranak

Terletak sekitar 17 kilometer dari Kuta, garis pantainya yang panjang dan lebar ini diseraki pasir putih dengan air yang memanggil-manggil untuk berenang karena ombaknya cukup bersahabat. Beberapa peselancar pun kerap terlihat di pantai yang dikelilingi perbukitan eksotis ini, yang untuk menuju ke mungkin harus menanyakan jalan berkali-kali kepada penduduk setempat karena belum tersedia plang penunjuk jalan.

  • Pantai Mawun

Dikellilingi dua bukit, pantai yang terletak 20 menit berkendara dari Kuta dan hanya Sembilan kilometer dari Pantai Selong Beranak ini sangatlah sepi, sehingga menyenangkan untuk duduk-duduk di tepi pantai sambil bermain air seharian. Pengunjung juga dapat trekking ke puncak bukit untuk menikmati panorama Samudra Hindia dari ketinggian.

 

  • Pantai Kuta

Inilah pantai teramai di selatan Lombok. Walau begitu, definisi ramainya tidaklah seramai di Gili Trawangan. Di sekeliling pantai dengan pasir sebesar biji merica ini terdapat berbagai akomodasi dan restoran, yang biasanya terdiri dari para peselancar. Dua kilometer dari sini terdapat Pantai Seger yang merupakan pusat penyelenggaraan Festival Bau Nyale.

 

  • Tanjung Aan

Dikelilingi bukit yang dapat didaki, pantai yang hanya tiga kilometer dari Pantai Kuta ini sekilas memang sepi. Namun bila tampak ada wisatawan di sini, pedagang langsung datang merubung. Namun, bila ditolak, mereka akan segera pergi dan pengunjung dapat kembali menikmati pantai fotojenik ini yang juga dapat digunakan snorkeling.

 

  • Pink Beach

Pasir kemerahannya akan lebih terlihat di pagi dan sore hari, jalan menuju ke sini dalam keadaan rusak sehingga perlu mengalokasikan satu hari untuk perjalanan dan menikmati pantai yang dikelilingi tebing yang menawan ini. Puas berfoto, pantai yang disebut Pantai Tangsi oleh penduduk setempat ini juga menyediakan kolam renang alami. Selain jalan darat, pantai ini juga dapat diakses naik perahu dari Tanjung Luar atau Telong-Elong.