• Twitter
  • Facebook

Sebuah Desa Italia di Jakarta

Bagi yang salah satu bucket list-nya mengunjungi pedesaan di Tuscany, Italia, kini Jakarta menyediakan tempat agar lebih semangat merencanakan perjalanan ke sana. Dengan kehadiran Tredici Ristorante, restoran Italia yang baru dibuka di kawasan Senopati yang sedang naik daun, pengunjung akan bagai diajak ke sebuah pedesaan di Tuscany dan makan di salah satu teras belakang yang asri di rumah salah satu keluarga Italia di sana. Bagi yang ingin melarikan diri dari  kemacetan Jakarta yang semakin menggila, menghabiskan waktu beberapa jam di sini niscaya dapat mengembalikan semangat untuk menakhlukan ibu kota.

CHK_2750

Masakan Rumahan

Chef Mario De Carlini menawarkan masakan rumahan yang otentik dari tanah kelahirannya. Porsinya pun dibuat besar sehingga dapat untuk berbagi karena memang jiwa dari masakan Italia adalah berbagi makanan dengan teman dan keluarga. Dengan pasta fresh yang dibuat sendiri, Pappardelle Con Ragu Ricco menjadi favorit di restoran ini. Pappardelle yang berukuran lebar ini disajikan dengan menggunakan jamur dan irisan rib eye sapi dari Amerika, kemudian disiram dengan saus daging khas Bologna. Karena pastanya fresh, saus yang kaya rempah ini dapat tercampur sempurna dengan daging sapi yang dimasak hingga matang dan rasa earthy dari jamur yang digunakan.

trefice

Tredici juga memiliki tiga pasta yang tersaji dalam satu piring dan disusun menyerupai warna bendera Italia. Pasta ini terdiri ravioli bayam berisi keju ricotta yang berwarna hijau, linguini dengan baby squid yang berwarna putih, dan fussili dengan saus tomat yang berwarna merah. Paduan ini menghasilkan pesta di dalam mulut berkat ravioli yang dimasak al dente dengan linguini yang sedikit pedas, serta dinetralisir dengan fussili yang asam dari saus tomat.

tredici1

Selain pasta, pilihan aman lainnya adalah tentu saja pizza. Pizza yang disajikan di Tredici adalah jenis thin crust yang dipanggang menggunakan oven kayu bakar sehingga memberikan rasa khas. Salah satu favorit di restoran in adalah Piccante Pizza yang menggunakan topping berbahan dasar saus tomat dengan keju mozzarella, bawang Bombay, paprika merah, salami, peperoni, dan jalapeno. Pizza ini merupakan pilihan aman bagi pengunjung yang ingin mencoba pizza ala Italia namun tetap memiliki tendangan pedas yang disukai masyarakat Indonesia.

tredici

Untuk pilihan menu daging yang dimasak ala Italia, Tredici juga mempunyai pilihan menu yang beragam, seperti Gamberoni Alla Griglia yang merupakan udang berukuran jumbo. Dibumbui secara minimalis dengan bawang putih dan rosemary, paduan keduanya berhasil mempertegas kesegaran udang. Sedangkan bagi para pencinta daging, tersedia Entrecote Al Gorgonzola atau rib eye impor dari Amerika yang disiram saus bercampur keju gorgonzola.

 

Penutup Manis

Sebagai penutup pengalaman bersantap di sebuah pedesaan di Tuscany, Tredici merekomendasikan frittele atau roti goreng yang disiram madu dan disajikan dengan custard espresso. Walau terdengar agak berat untuk makanan penutup, namun ternyata custard espresso ini luar biasa ringan, selain roti gorengnya sendiri tidak terlalu berminyak, sehingga siapa pun akan sulit berhenti makan. Pengunjung juga tak akan salah memilih cannoli atau krim lembut yang dibungkus pastry renyah dan disajikan dengan saus coklat serta taburan kacang pistachio yang setiap gigitnya mengingatkan akan Italia.

Tredici Ristorante mengganti menu-menunya tiga bulan sekali untuk menjaga variasi dan kualitas, selain untuk mengenalkan jenis makanan Italia yang beragam dan belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Saat ini menu yang baru dikenalkan adalah Macedonia Con Sorbetto atau cocktail buah ala Italia yang disajikan dengan sorbet lemon yang segar. Menu ini diperkenalkan sebagai variasi dari ragam dessert Italia yang biasanya berat.

Restoran yang dapat menampung sekitar 90 orang ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu living room, dining room, dan area garden, seperti halnya layout rumah  di Italia. Bagi yang hanya ingin mengudap di sore hari pun tersedia berbagai pilihan jus dan mocktail, selain minuman kopi yang menggunakan biji Caffé D’Angelo yang merupakan merek kopi terkenal di Italia. Mocktail yang direkomendasikan adalah Major Apple Mojito yang merupakan campuran sari apel, lemon, dan mint soda yang segar, selain Grampy’s Golf Day yang terbuat dari es teh dan buah cranberry. Kedua menu ini merupakan pilihan yang pas setelah melewati jalanan Jakarta yang kadang menguras emosi. Bila datang selepas pukul 17:00 WIB, pengunjung dapat menikmati berbagai sajian makanan dan minuman di 13 Monkeys, area bar di lantai dua yang memang dirancang bagi yang mencari tempat bersantai selepas melewatkan hari melelahkan.

 

Jl. Suryo No. 42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, T (021) 7204567