• Twitter
  • Facebook

Restoran Vegan di Jakarta

Gaya hidup vegan menciptakan peluang usaha bagi para pelaku bisnis kuliner, sehingga kini mulai banyak bermunculan restoran vegetarian yang tak hanya memastikan agar diet sehat tanpa protein hewani ini dapat tetap terlaksana, namun juga mengundang pecinta kuliner non vegan untuk ikut mencicipi berbagai menu lezatnya.

 

Dharma Kitchen

Restoran yang memiliki 250 jenis menu ini menjagokan Black Pepper Steak. Daging pada menu ini disubtitusi dengan jamur, lalu dilumuri saus steik dan ditaburi black pepper di atasnya. Selain jamur, daging disubtitusi dengan sari kacang kedelai, rumput laut, dan agar-agar. Rumput Laut Salad Mangga juga merupakan salah satu menu unik yang dimiliki Dharma Kitchen, yaitu berupa rumput laut digoreng crispy lalu dicampur salad mangga dan kacang. Rendang Spesial Dharma Kitchen merupakan menu favorit untuk menu Indonesia yang terbuat dari jamur dengan bumbu rendang tanpa bawang (vegetarian tidak perlu mengonsumsi bawang karena akan melukai usus). (Jam operasional: buka setiap hari pukul 11:00 – 22:00, Gedung Pluit Bakery, Jl. Pluit Kencana Raya No. 106-110, T. 021-6694220, www.dharmakitchen.com)

 

VMAD Vegetarian Madness

Didominasi oleh makanan India dan beberapa masakan Tiongkok dan Barat, seperti burger, pasta, dan pizza, olahan masakan di restoran ini dikategorikan sehat karena tidak menggunakan telur, daging, ayam, bawang putih, dan bawang merah. Menu pembukanya, Giant Masala Papad, berupa masala dengan acar timun, tomat cherry, dan potongan cabai. Untuk hidangan utama, yang menjadi andalannya adalah Biryani Feast atau nasi biryani pedas dengan kacang polong, kentang, dan wortel. Menu ini bisa disajikan bersama Punjabi Chick Peas Gravy dan Potato Peas Gravy. Gravy adalah semacam kari yang biasa dimakan dengan phulka (seperti roti pita). Untuk minuman, andalannya adalah Little Bit About Lassi, homemade yoghurt yang cocok untuk menetralkan rasa pedas dari kari yang menjadi hidangan khas India. (Jam operasional: buka setiap hari pukul 11:00 – 23:00, Sarinah Building Lantai Ground No. 11, Jl. M.H. Thamrin No.11, T. 021-3903533)

 

Burgreens Organic Eatery

Menyediakan menu untuk vegetarian yang masih mengonsumsi susu, telur, atau keju serta vegan yang tidak mengasup unsur hewani sama sekali, restoran berkonsep Healthy, Green, and Organic ini memuat tanaman hijau dan ornamen daur ulang, sehingga membuatnya terasa unik sekaligus asri. Bahan-bahan yang digunakan di sini merupakan hasil kebun organik. Menu favoritnya antara lain Mini Trio Burger, yaitu burger ukuran mungil dengan “patty” Battle Beans, Mighty Mushroom, dan Spinach Chickpeas yang menggunakan kacang, jamur, dan bayam. Menu ini diolah sedemikian rupa sehingga tampilannya menyerupai daging asli, kemudian diberi saus basil yoghurt sebagai pengganti mayones yang tinggi lemak. Untuk makanan sampingan, tersedia Sweet Potato Chips dari ubi renyah atau Green Balls yang tampak seperti nugget dari bayam hijau. (Jam operasional: buka setiap hari pukul 09:30 – 21:30, Jl. Flamboyan No. 19, Rempoa, Bintaro, T. 087882005070, www.burgreens.com)

 

Gaya Hidup Vegan

Perbedaan utama antara vegan dan vegetarian adalah vegan tidak mengonsumsi telur dan berbagai produk susu untuk alasan etis. Banyak peternakan ayam membunuh anak-anak ayam jantan karena mereka tidak dapat bertelur, sedangkan di peternakan sapi, sapi betina dipaksa hamil selama tiga hingga tujuh tahun agar menghasilkan susu, kemudian dibunuh. Sapi jantan yang baru lahir pun akan langsung disembelih untuk dikonsumsi.

Getlost Menu