• Twitter
  • Facebook

Bermain dan Belajar di Folks Co-Gaming Space

Permainan papan, seperti monopoli, ular tangga, dan halma, pernah menjadi tren pada 1980 hingga 1990-an. Bila dirunut dari sejarahnya, permainan ini bahkan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno pada abad tiga Sebelum Masehi. Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan papan mulai ditinggalkan, dan kini hadir dalam bentuk digital.

Folks Co-Gaming Space di kawasan Kemang kemudian berusaha menghidupkan kembali semangat permainan tersebut dengan menghadirkan berbagai permainan papan modern yang populer di luar negeri. Lokasinya tepat di atas Animo Bakery, sehingga saat memasukinya harus melewati deretan roti yang baru dipanggang dengan wangi yang khas.

Nyaman Bermain

Setelah menaiki tangga, tibalah di ruangan dengan dinding bata ekspos berwarna putih-biru. Sejumlah kata inspiratif turut menghiasi ruangan ini, dengan beberapa aturan yang harus dipatuhi bisa ditemui di sejumlah sudut, seperti dilarang merokok, berjudi, memaki. Sementara kursi-kursi yang ada didesain agar tamu nyaman dan betah berlama-lama bermain sambil ditemani segelas latte untuk minumannya, serta nachos, hot dog atau smoked salmon sandwich untuk makanannya.

Karena konsepnya sebagai tempat bermain, tempat ini tidak menyediakan jaringan Wi-Fi agar terjalin interaksi dan komunikasi dengan sesama pemain. Menurut sang pemilik, Daniswo Adisuryo, permainan papan mampu mendekatkan para pemain secara langsung dan memperlakukan orang lain dengan penuh hormat.

Bertema Indonesia

Folks tak hanya menyewakan lebih dari 200 anek permainan papan, namun juga menjualnya, dan sebagai Co-Gaming Space, pengunjung dapat datang serta membawa permainannya sendiri, selama masih dalam bentuk papan dan dapat dimainkan bersama-sama.

Salah satu permainan karya anak bangsa yang paling banyak dimainkan adalah Mahardika yang bertemakan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Pemain dapat memerankan salah satu dari tokoh-tokoh nasional, seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ki Hajar Dewantara lalu bekerja sama dengan pemain lain untuk meraih kemerdekaan. Untuk anak-anak tersedia permainan berjudul kartu Bhinneka yang bertemakan keberagaman Indonesia.